Skip to content

m-dinar: Untuk Kemudahan Pelajar, Trainee dan Reseacher di Jepang

November 11, 2009
by

Banyak yang bertanya seputar permasalahan bila sudah memiliki koin emas Dinar atau tabungan emas m-dinar, apakah bisa dengan mudah “diuangkan” kembali bila sewaktu-waktu butuh uang? Atau, dapatkah dan dimana saya bisa menukarkan koin emas Dinar atau tabungan emas m-dinar dengan uang YEN? Atau sebaliknya, bisakah dilakukan di Jepang?

Alhamdulillah, dengan hadirnya GDJ di Jepang yang disupport oleh m-dinar network, maka  semua permasalahan diatas, inysaAllah bisa teratasi. Perhatikan ilustrasi gambar berikut.

Berbagai peluang terbuka bagi pangguna m-dinar

Bertransaksi dengan Dinar secara fisik di zaman ini memang kurang praktis, karena selain membawa-bawa koin emas tidak semudah membawa uang kertas , juga karena uang Dinar Emas memiliki nilai nominal yang tinggi sehingga tidak mudah untuk belanja barang-barang yang bernilai kecil.

Disisi lain ada benda modern yang saat ini selalu dibawa oleh manusia zaman ini -hampir oleh seluruh tingkatan sosial – yaitu hand phone atau mobile phone. Teknologi mobile phone juga semakin maju sehingga internet berkecepatan tinggi sudah atau segera akan bisa diakses oleh hampir keseluruhan pemegang handphone tersebut.

Inilah dasarnya sehingga aplikasi pembayaran berbasis Dinar yang kami kembangkan ini berorientasi pada akses internet 3G, GPRS dlsb. yang sudah luas disediakan oleh seluruh operator Cellular . Meskipun orientasinya menggunakan Cellular, tentu Anda juga dapat mengakses seluruh fasilitas M-Dinar ini dari PC atau Notebook Anda.

Sebagai alat bayar, apalagi orientasi kita global – maka system pembayaran ini haruslah sangat aman. Untuk ini kami gunakan proteksi berlapis mulai dari enkripsi data di https, user id, password, rekonfirmasi via email sebelum transaksi di eksekusi – dan tentu yang tidak dimiliki oleh system pembayaran berbasis uang kertas adalah backup fisik emas yang harus ada di setiap transaksi.

Fisik emas dari setiap pemilik account M-Dinar disimpan oleh Sharf atau Trusted Third Party (TTP) seperti GeraiDinar dan mitra-mitranya kelak di dalam maupun luar negeri, yang salah satunya di Jepang adalah GDJ ini. Ketika pemilik account akan mengeluarkan emasnya dari M-Dinar system, verifikasi berikutnya  dilakukan di Sharf atau TTP tersebut – sehingga hanya oleh yang benar-benar yang berhak Dinar bisa dikeluarkan dari system.

Hal ini akan menambah pengaman berikutnya, karena seandainya hacker berhasil membobol account sekalipun – dia tidak akan memperoleh apa-apa karena tidak akan mudah bagi dia untuk lolos juga dengan mengambil Dinarnya secara fisik.

Berikut adalah contoh-contoh penggunaan M-Dinar yang segera dapat dinikmati oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri, khususnya Jepang.

  1. Bagi Anda pemilik M-Dinar dengan Sharf (tempat penukaran uang kertas ke Dinar seperti GeraiDinar atau Gold Dinar Japan), Anda akan menjadi jauh lebih mudah utk jual beli  karena Dinar tidak harus dibawa-bawa secara fisik kecuali Anda memang menghendaki fisiknya diserahkan.
  2. Bagi sesama anggota M-Dinar, jual beli dinar bisa dilakukan dengan lebih mudah dan menguntungkan
  3. Bagi mahasiswa yang akan belajar atau trainee yg akan magang ke Jepang, tidak perlu bawa uang banyak dari Indonesia. Cukup beberapa keping Dinar  atau punya M-Dinar, nanti Dinar Anda dapat dicairkan  menjadi uang YEN yg akan Anda butuhkan disini.
  4. Bagi para mahasiswa atau trainee yang bekerja mengumpulkan uang di Jepang, tidak perlu repot-repot mengirimkan uangnya ke Indonesia selain karena biayanya mahal. Cukup bertransaksi dgn GDJ melalui M-Dinar, keluarga Anda di Indonesia akan menerima kiriman Anda baik bisa berupa uang Rupiah atau koin emas Dinar.
  5. Bagi para researcher yang menabung di Jepang, dgn memindahkan tabungan Anda ke M-Dinar, maka inysaAllah harta Anda akan terproteksi dari inflasi dan bertambah nilainya disebabkan karena kenaikan harga emas.
  6. Para pelajar atau trainee yang akan pulang ke Indonesia, tidak perlu membawa seluruh harta hasil jerih payahnya selama di Jepang. Cukup bertransaksi dgn GDJ, Anda pulang dgn tenang dan dapat mencairkan simpanan Anda dimanapun Anda berada, atau tetap menyimpanannya dalam M-Dinar agar nilainya bisa bertambah.
  7. Bagi yang akan pergi ke Taiwan,  alhamdulillah disana sudah ada sharf mitra kami, yaitu Gerai Dinar Taiwan yg beralamat di Xin-Yi Dist, Taipei.
  8. Bagi pelajar Malaysia,  alhamdulillah GDJ memiliki partner kerjasama di KL dan Kelantan untuk penukaran M-Dinar ke Ringgit atau mendapatkan koin emas Dinarnya, inysaAllah.

Dengan hadirnya M-Dinar ini, komplit sudah tiga fungsi uang diperankan oleh Dinar. Dan Alhamdulillah saat ini jaringan sharf tempat penukaran Dinar sebagai mitra kami di Indonesia sudah mencapai lebih dari 25 agencies,  dan InsyaAllah ini akan terus bertambah. Meskipun daerah Anda saat ini belum ada sharf yg bisa melayani penukaran Dinar/Rupiah, inysaAllah Anda tetap akan terlayani selama ada akses ke Internet di tempat Anda. Silahkan masyarakat yang tertarik untuk mulai mencoba menggunakannya.

Tidak ada gading yang tak retak; sehebat apapun system buatan manusia tentu ada kelemahannya juga. Namun inilah upaya yang dapat kita lakukan sampai saat ini – semoga Allah selalu membimbing dan melindungi kita kedepan.

Referensi tulisan dan gambar:

M. Iqbal, GeraiDinar.com, M-Dinar dan Peluang yang Hadir Bersamanya… last accessed 11/11/2009

6 Comments leave one →
  1. November 11, 2009 7:56 pm

    Assalamualaikum, yg ke 8 itu insyaAllah bisa dilaksanakan🙂

    • November 17, 2009 9:46 pm

      wa alikum salaam, Alhamdulillah kerjasamanya mudah2an menjadikan Dinar network semakin luas utk mempermudah penggunanya.

  2. Malikudin permalink
    November 18, 2009 2:14 am

    Assalamualaikum. Wr. Wb.
    Qatar kapan yak? Kabar terakhir yang saya terima komunitas warga Indonesia di Qatar sudah mencapai 22.000 – 28.000

    • November 18, 2009 5:55 am

      Wa alaikum salaam, silahkan dirintis P Malikudin, insyaAllah kita siap berbagi pengalaman. Nanti kita lanjutkan dgn kerjasama lainnya. Pelunag yg sangat besar utk beramal dan membantu para TKI menyelamatkan hartanya dari riba, inflasi, calo bandara, dll.

  3. eka ardiansyah permalink
    August 28, 2010 8:48 pm

    kalau mau buka tabungan m-dinar di mana pak di indonesia? saya bertempat tinggal di garut

    • February 9, 2011 2:34 pm

      Buka akun m-dinar bisa dimana saja asal ada koneksi internet. Silahkan kontak kami atau agen2 terdekat. Semuanya nanti akan terdafatar sebagai anggota BMT Darul Muttaqin dan akan mendapatkan bagi hasil usaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: