Skip to content

Tembuzz deh….

November 12, 2009
by

Pagi ini saya lihat harga emas… Subhanallah…akhirnya tembus angka psikologis 1100 USD/oz!

Teringat potingan  Pak Iqbal bulan Maret lalu ttg estimasi harga emas oleh para CEO, beliau sudah mengingatkan kita

Dari sekitar selusin Chief Executive Officer (CEO) perusahaan pertambangan emas menengah dunia yang baru-baru ini di interview oleh Business Newswire, semuanya sepakat bahwa harga emas dunia akan mencapai rekor tertinggi baru akhir tahun ini.

Berapa tepatnya memang tidak ada yang bisa memprediksi dengan akurat, tetapi dari pendapat-pendapat mereka tersebut rekor tertinggi ini akan berada di kisaran US$ 1,100/oz  s/d US$ 1,500/oz.

Beberapa waktu lalu, salah satu analis kami di GDJ mengatakan bila secara teoritis menggunakan deret Fibonacci didapat angka 1600 USD/oz,  sedangkan harga saat ini ada disekitar 1060 USD/oz (awal Nov), maka harga yg “wajar” dicapai bbrp bulan kemudian adalah sekitar 1300 USD!! Bisa jadi akhir tahun ini yg tinggal beberapa minggu lagi, atau akhir musim dingin beberapa bulan lagi. Setelah itu, harga akan turun lagi, namun akan sulit menembus angka dibawah 980 USD/oz. Wallahu ‘alam. Ini hanya prediksi orang-orang yg memang mempelajari ilmunya. Bukan tidak mungkin ini benar, krn kita sendiri sangat sulit utk melawan trend yg tengah berlangsung.

Dengan perkiraan harga emas di rekor baru antara US$ 1,100 – US$ 1,500 tersebut, lantas pada angka berapa rekor harga Dinar dalam Rupiah tahun ini ?. Tergantung nilai tukar Rupiah.

Beruntung, saat ini Rupiah sedang sangat kuat, bahkan bila dibandingkan rata2 3 bulan terakhir pada Rp. 9609/USD. Sehingga kenaikan harga dalam USD dapat ditahan dgn menguatnya Rupiah. Hal ini menyebabkan nilai Dinar emas berada pada kisaran Rp 1,450,000/Dinar.  Namun kalau kita asumsikan Rupiah akan bergerak di kisaran Rp 11,000/US$ – Rp 12,000/ US$ seperti pada awal musim semi tahun ini; maka estimasi para CEO tentang harga emas dalam US$/troy oz tersebut dapat kita konversikan menjadi harga Dinar di kisaran Rp 1,831,000 – Rp 2,725,000 per Dinar pada akhir tahun ini seperti pada gambar diatas. Mungkin terlalu tinggi, tp bisa jadi!  Wallahu A’lam.

Lantas gimana kita? Beli saja atau simpan saja uangnya tunggu harga turun?

Ada baikny aperhatikan grafik dibawah dan berikut saran P Iqbal:

Berdasarkan statistik 10 tahun terakhir, ternyata peluang Anda rugi sebulan berikutnya hanya 2/10. Yaitu bila Anda membelinya pada bulan November 2001 dan menjualnya di Desember 2001 atau membelinya di November 2006 dan menjualnya di Desember 2006. Peluang harga emas atau Dinar Anda naik satu bulan berikutnya adalah 8/10 sisanya.

Peluang rugi dalam 6 bulan berikutnya ternyata juga sama 2/10 ; yaitu bila Anda membeli pada bulan November 2001 dan menjualnya di April 2002 atau membeli di November 2002 dan menjualnya di April 2003. Peluang harga emas atau Dinar Anda naik 6 bulan berikutnya adalah juga 8/10 sisanya.

Dalam sepuluh tahun terakhir, meskipun Anda beli emas/Dinar pada musim harga emas/Dinar tinggi seperti pada bulan November ini; statistik menunjukkan Anda tidak pernah merugi bila Anda menjualnya satu tahun berikutnya atau lebih.

Apa maknanya ini semua ?; Meskipun Anda tidak memperoleh gain sebesar bila Anda membeli emas/Dinar pada musim harga rendah; membeli emas/Dinar pada musim harga tinggi tetap lebih menguntungkan dibandingkan dengan mempertahankan uang Anda dalam mata uang kertas dan menunggu musim harga emas/Dinar rendah berikutnya.

Kesimpulannya, meskipun musim harga sedang tinggi, memindahkan aset berharga  Anda ke emas/dinar lebih menguntungkan dari pada mempertahankan dalam bentuk aset kertas  spt saham, uang USD, uang Yen, uang Rupiah, asuransi dalam US$ , dana pensiun, dana kesehatan dlsb. Makanya sangat tepat saran Prof. Umar Vadiloo, salah satu tokoh utama penggerak mata uang Dinar dari Spanyol,

Save to gold (dinar) before too late.

Ini juga menunjukkan betapa runyamnya US Dollar setahun terakhir ,  juga mata uang lain yang diukur dengan US$.  Masih mau mempertahankan uang Dolar atau YEN Anda…?

Saran saya, ikuti saja para ahli ….!. Wa Allahu A’lam.

One Comment leave one →
  1. dini permalink
    October 8, 2010 1:26 am

    assalam…suami saya tinggal di okayama…dy ksulitan cari tempat untuk beli emas…sempat pernah ke nagoya..(nama tempat jual emasnya saya lupa)tapi ternyata emas yang dicari ga sesuai (lebih memilih emas dinar/sesuai syariat)…butuh solusi nih..langkah awal bagi suami saya membeli emas seperti yang saya maksud…jika tidak bisa emas fisik baru memilih k m-dinar?..dimana letak lengkapnya agar suami saya bisa ketempat tersebut dan dapat dipercaya?
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: