Skip to content

Koin “Da’wah” Dinar Emas Islam Telah Hadir Di Jepang

December 8, 2009
by

Sebagai wujud keseriusan  syiar Dinar di Negeri Sakura ini, kami telah mendatangkan sejumlah koin Dinar Emas Islam dari Indonesia.  Dinar Emas Islam atau IGD (Islamic Gold Dinar) yaitu berupa emas seberat 4.25 gram dengan kadar 22 Karat, dan disertai sertifikat resmi. Di Indonesia Dinar Emas ini di produksi oleh Logam Mulia, PT. Aneka Tambang TBK (BUMN) yang telah memiliki sertifikat dari LBMA (London Bullion Market Association).

Dengan sertifikat tersebut, berarti uang Dinar Emas Islam ini bisa dipakai/dijual dimana saja, termasuk di Jepang, spt di toko emas  Ginza Tanaka atau bank misalnya SMBC, dll. Uang ini berbeda dengan mata uang dinar yang beredar di beberapa negara Arab. Jadi bukan Dinar yang berupa uang kertas dari beberapa negara di Timur Tengah dan bekas Uni Soviet/Yugoslavia, yang belum tentu laku kalo dijual di Jepang.

Dinar Emas Islam

Dinar Emas Islam dan Sertifikat: untuk proteksi, investasi dan dakwah di Jepang

Uang ini merupakan bentuk modern dari uang dinar emas dan dirham perak yang digunakan pada masa awal peradaban Islam, yang ditentukan oleh Khalifah Umar ibn al-Khattab.  Dinar yang kita edarkan ini memiliki desain  Masjidil Haram di Mekkah dengan Baitullah sebagai centrumnya dan di sisi sebaliknya bergambar matahari bersinar dan bertulisakan Allah Ahad dan kalimat syahadat. Semua berwarna kuning emas, tidak ada warna lain (warna hitam dalam gambar adalah scanner effect akibat perbedaan permukaan).

Kenapa pilih koin Dinar Emas Islam? Yah, karena koin emas dan juga perak ini telah menjadi mata uang resmi umat Islam sejak jaman Rosulullah s.a.w. 1400 tahun lalu hingga jatuhnya kekhalifahan Turki 1923. Sejak itu umat Islam kemudian praktis telah meninggalkan dinar dan dirham dan digantikan oleh sistem uang kertas ribawi untuk bermuamalah.

Al Qur’an sendiri menyatakan mengenai Dinar dan Dirham spt dalam kisah Bani Israel dan kisah N. Yusuf a.s serta banyak sekali hukum hukum yang terkait dengannya seperti zakat, pernikahan, hudud dan lain sebagainya. Sehingga dalam Al Qu’ran Dinar Dirham memiliki tingkat realita dan ukuran tertentu sebagai standar penghitungan (untuk Zakat dan lain sebagainya) dimana sebuah keputusan dapat diukurkan kepadanya dibandingkan dengan alat tukar lainnya. Misalnya “Tidak boleh dipotong tangan seorang pencuri, kecuali sebesar seperempat Dinar atau lebih.”( Muttafaq Alaihi). Atau dalam Surat Yusuf:20 “Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada Yusuf”.

Apa saja kegunaan Dinar Emas Islam?

  • Dapat digunakan sebagai simpanan, investasi penjaga nilai (proteksi dan investasi)
  • Dapat digunakan sebagai pembayar zakat dan mas kawin sebagaimana telah disyaratkan oleh Syari’ah Islam
  • Dapat digunakan untuk perniagaan sebagai alat tukar yang sah (saat ini baru di Kelantan, Neg. Bag. Malaysia)
  • Namun demikian, penggunaan Dinar sudah meluas dibeberapa negara seperti  Indonesia, Singapura, Australia, Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Zona Euro. (Sumber: Wikipedia)

    Souvenir Da’wah

    Bagaimana dengan penggunaan Dinar Dirham oleh masyarakat Muslim di Jepang? Tentu sangat bervariasi tergantung “kreativitas” kita.  Namun setidaknya 3 fungsi diatas bisa dikembangkan lagi misalnya Dinar utk souvenir kepada Profesor atau atasan kita yang telah membantu studi kita hingga mencapai Doktor misalnya.  Selain memberi souvenir yg berharga sepanjang masa, juga punya unsur dakwah dan mengenalkan Islam beserta salah satu instrumennya berupa uang Dinar tersebut.

    Meskipun mahal, namun apalah artinya bila  dibandingkan jasa atau peran mereka yang membuat kita bisa sukses berada di Jepang.  Selain karena harganya akan semakin tinggi mengikuti harga emas international, “nilainya” pun akan akan menjadi semakin tinggi pula atau menjadi priceless karena berupa souvenir dari orang terdekatnya. Dan tentu saja lebih baik dari pada memberikan tasbih, kopiah, sarung batik, kaligrafi atau souvenir Islam lainnya yang belum tentu mereka terima dgn senang dan bisa ditempatkan sesuai dgn tempatnya.

    Siapa tahu, dengan bantuan doa-doa kita pula tentunya, mudah-mudahan mereka menjadi tertarik dengan Islam dan mau kembali ke jalan hidayah ini.   Apalah artinya “ichi man go sen en gurai” (= l.k. seharga 1 Dinar) bila melalui itu pintu hidayah terbuka? InsyaAllah pahala akherat yang lebih besar menanti Anda. Perubahan besar akan terjadi nantinya Insya Allah, bila kita memulainya sekarang meskipun dari hal yang kecil-kecil, i.e. memiliki Dinar.

    Ada yang sudah memulai?

    6 Comments leave one →
    1. iyan permalink
      February 19, 2011 12:17 am

      Assalamu’alaikum wr wb
      Saya tertarik untuk menabung di Dinar sekaligus untuk sarana dalam berdakwah secara real, tetapi Gimana caranya untuk memesan koin atau M Dinar ini Pak? saya sekarang tinggal di Gunma ken,, kira-kira kantor Dinar yang di Jepang ada di kota mana ya?
      Terima kasih

      • February 19, 2011 12:25 am

        Untuk memesan, silahkan kontak kami. Pengiriman bisa lewat takyubin.

      • August 24, 2011 5:52 pm

        SIlahkan hub 08055052399
        Sidiq

    2. Ahmad Hiroqi permalink
      August 24, 2011 3:32 pm

      mohon informasi untuk pemesanan

      • August 24, 2011 6:03 pm

        Utk informasi dan pemesanan sIlahkan hub 08055052399 atau by email di kontak.
        Sidiq

    Trackbacks

    1. Arisan Dinar: Menabung, Da’wah dan Silaturrahim « Gold Dinar Japan

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: