Skip to content

Penjelasan Harga Dinar GDJ

February 15, 2010

Ada best practice untuk berdagang yang sangat baik dari khasanah Islam, yaitu kesetaraan informasi antar pelaku pasar.
Kalau di dunia perdagangan barat dikenal istilah caveat emptor / let the buyer beware yaitu biarkan pembeli yang hati-hati (penjual bisa seenaknya); maka dalam Islam ada keharusan bagi penjual untuk menjelaskan secara detil kondisi barang yang akan dijualnya, termasuk cacat-cacatnya bila ada. Dalam istilah ekonominya yang cukup mendekati (meskipun tidak sepenuhnya benar) adalah caveat venditor / let the seller beware atau biarkan penjual yang hati-hati.

Cara penentuan harga Dinar sendiri bukan rahasia, semua orang boleh tahu. Bahkan cara memperhitungkan harga ini bisa dibaca bebas oleh siapa saja di Wikipedia . Hanya perlu diketahui bahwa formula harga tersebut belum memperhitungkan biaya cetak, biaya transportasi dan tentu juga pajak – karena di Indonesia koin emas kena pajak.

Harga Dinar ini harus mengikuti mekanisme pasar dan tidak ada seorang pemimpin-pun di dunia yang bisa mendiktekan harga Dinar atau harga emas ini. Dalam Islam menentukan harga diluar mekanisme pasar adalah hal yang terlarang. Berikut saya petikkan dalilnya dari Fiqih Sunnah-nya Sayid Sabiq yang diberi pengantar oleh Imam Hasan Al-Banna :

Ashabus Sunan dengan sanad perawi sahih telah meriwayatkan dari Anas r.a. ia berkata ” Orang-orang bertanya kepada Rasulullah SAW :” Wahai Rasulullah SAW; harga-harga barang naik (mahal), tetapkanlah harga-harga untuk kami”. Rasulullah lalu menjawab, “Allahlah Penentu harga, Penahan, Pembentang dan Pemberi rizki. Aku berharap tatkala bertemu Allah, tidak ada seorangpun yang meminta padaku tentang adanya kedzaliman dalam urusan darah dan harta.”

Jadi kalau junjungan kita saja Nabi Akhir Zaman, tidak mau menentukan harga pasar – apalah kami ini.  Wallahu a’lam Bis Showab.

Harga Dinar di Situs Geraidinar.com

Dalam rangka mewujudkan kesetaraan informasi antara Gerai Dinar, Agencies dan para nasabahnya, alhamdulillah telah bisa sajikan harga Dinar yang dihitung berdasarkan harga emas dan nilai tukar mata uang besar dari hampir seluruh dunia secara real-time di situs m-dinar.com

Semua data yang  disajakan adalah data yang up-to-date karena secara otomatis terus menerus di up-date setiap 10 menit. Dengan data yang sangat up-to-date ini diharapkan calon pembeli Dinar dapat mengetahui secara lebih akurat trend harga yang sedang berjalan.

Grafik dan harga yang ter-up-date setiap 10 menit ini, tentu harus dilihat secara menyeluruh bersamaan dengan grafik bulanan, tahunan, 10 tahun dan bahkan 40 tahun yang sudah selama ini kami sajikan. Grafik-grafik yang kami sajikan ini adalah untuk mendukung keterbukaan informasi, dan tidak diharapkan menjadi alat untuk berspekulasi.

Gerai Dinar menggunakan grafik ini pula untuk mengambil harga jual dan beli dinar. Hanya saja akan merepotkan para agen dan pembeli yang tidak setiap saat mengakses internet apabila kami gunakan harga real time-nya; untuk memudahkannya situs GD mengupdate secara otomatis Nilai Tukar Gerai Dinar pada titik waktu jam 6.30 pagi ; jam 12.30 siang ; jam 6.30 malam dan jam 00.30 dini hari BBWI. Dua titik terakhir diperuntukkan bagi pembaca yang di Eropa dan Amerika – yang selisih waktunya dengan kami antara 7 – 12 jam.

Perlu kami sampaiakan bahwa harga Dinar disini dibangun berdasarkan harga emas dan nilai tukar mata uang, yang sedang berlaku saat engine kami mengakses data dari seluruh bank data yang ada. Dari harga emas dan nilai tukar yang sedang berlaku tersebut kemudian kami tambahkan biaya-biaya yang wajar untuk mencetak Dinar (di Indonesia). Gerai Dinar harus make sure bahwa barangnya bener-bener ada pada harga yang kita cantumkan – inilah maka harga emas fisik di Jakarta khususnya Logam Mulia ikut pula menentukan harga di kami.

Biaya-biaya ini meliputi biaya cetak, transportasi, pengelolaan, asuransi, pajak dan biaya lain yang terkait dengan pengadaan/pengelolaan Dinar. Dan untuk memenuhi harapan para pembaca dari luar negeri, grafik juga kami sajikan dalam berbagai mata uang besar dunia. Dengan demikian pembaca kami yang di Amerika, UAE, Jepang, Iran, Swedia dlsb. dapat langsung mengetahui harga Dinar Emas dalam mata uang mereka.

Tentu kami tidak berharap keterbukaan informasi-informasi yang komprehensif yang kami sajikan menjadi alat untuk spekulasi emas/Dinar, sebaliknya dengan menyajikan informasi harga Dinar yang komprehensif ini kami berharap pembaca dapat membuat keputusan-keputusannya secara well informed.

Harga Dinar di GDJ
Di pasar emas dan juga Dinar – ada yang kita tidak bisa ubah yaitu realita di bursa; bursa ini terjadi di seluruh dunia – tetapi selalu bisa dikonversikan ke mata uang tertentu. Demikian juga dengan harga Dinar di Indonesia (Rupiah) bisa dikonversikan ke mata uang YEN Jepang.

Namun perlu diperhatikan bahawa harga hasil konversi tersebut bukan berarti calon nasabah dapat membeli dinar dgn harga sejumlah mata uang konversi tsb (spot price, YEN). Hal ini dikerenakan belum diperhitungkannya biaya transfer (transfer fee) dari mata uang Yen ke Rupiah dan kehilangan nilai tukar (exchange loss) mata uang asing (YEN) ke mata uang Rupiah — yang disebabkan karena biaya cetak dan pengadaan dinar dibayar dengan Rupiah.  Demikian juga pada setiap koin yang kami hadirkan di Jepang tentu membutuhkan biaya yang lebih besar untuk mengirimkannya dari Gerai Dinar di Indonesia ke GDJ di Jepang.

Olehkarena itu pada harga spot price dari situs m-dinar.com, kami menambahkan Additional Cost yang wajar pada setiap transaksi yang dilakukan atau pada setiap dinar yang dibeli dengan menggunakan mata uang YEN.

Namun demikian, bila pembeli GDJ menggunakan mata uang Rupiah untuk membeli dinar kami, maka harga GDJ seperti yang tertera di situs GD atau m-dinar.com tanpa ada penambahan komponen biaya lain. Perlu diperhatikan, bila GD memberlakukan 2 kali perubahan harga dalam 12 jam, kami, GDJ hanya memberlakukan 1 kali perubahan harga dan berlaku untuk 1 hari kerja saja. Olehkarena itu kepada calon pembeli kami tetap sarankan di konfirmasi dahulu sebelum transaksi dilakukan.

Karena dalam agama Islam yang adil ini hak pedagang sama dilindunginya dengan hak pembeli, olehkarena itu kami juga berusaha berjualan pada harga yang tidak merugi dan klien ridlo membelinya. Serta yang lebih penting adalah sosialisasi Dinar itu sendiri, agar Dinar bisa lebih mudah dimiliki Umat Islam khususnya yang ada di Jepang.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan:

Diskusi General Manager GDJ dengan Muhaimin Iqbal, ownner Geraidinar.com.

4 Comments leave one →
  1. February 19, 2010 10:47 pm

    terima kasih atas informasinya, semoga dinar bisa semakin berkibar. sekarang jadi lebih bersaing harganya.

    • ard permalink*
      February 22, 2010 8:21 pm

      Jazakallah khair Mas Arifin. Semoga Dinar semakin tersebar luas.. amiin..

  2. February 22, 2010 7:40 pm

    Lah yang ngelarang mengetahui harga dinar tuh sopo. Coba tunjuk…!
    Kan jelas , ada harga bahan ada harga cetak dan harga handling fee (distribusi).
    Yang mau diketahui orang itukan belinya dimana? Dari situ baru di buat kompare-kompare harga dengan uang FIAT.
    Lagipula tidak ada juga kok yang mendikte pasar dinar, yang ada adalah mau ngerecokin dinar, mau jualan emas tapi ga laku-laku, makanya dibuat gimmick jualan dinar. Yang namanya dinar tuh nuqud, bukannya perhiasan semata.

    • ard permalink*
      February 22, 2010 8:24 pm

      Terimakasih commentnya mas motayuaja..
      Insya Allah jual Dinar bukan karena jual emas gak laku laku🙂 , justru jual emas yang malah lebih laku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: